Cara Reset FRP Andromax R2 I56D2G - Willy Bootloop

Cara Reset FRP Andromax R2 I56D2G

Factory Reset Protection (FRP) adalah fitur baru untuk melindungi perangkat Samsung yang menggunakan OS Android 5.1 atau lebih tinggi. Fitur keamanan ini memungkinkan menyiapkan perangkat untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses atau menggunakannya.

Walaupun tujuannya bagus, namun kenyataannya sebagian user juga kewalahan dengan fitur ini. Maklum, tidak semua pengguna smartphone itu smart. Hehe...jangan tersinggung ya. Contoh kasusnya begini:

  • Kasus pertama, Andi menjual ponsel ke Budi, yah jual gitu aja. Tanpa dikasih tahu akun gmailnya, kalau kunci layarnya sih tahu, cuma si Budi lupa kunci layarnya. Mau tanyain lagi, eh Si Andi udah ga bisa dihubungi. Cilaka dua belas...mau ga mau, si Budi melakukan factory reset donk. Alhasil, ponsel terkunci FRP. Asemm tenan..
  • Kasus kedua, ponsel Cynthia tiba-tiba hang logo. Yah namanya hang logo, mau diapain lagi kan. Pertolongan pertama, yah dicoba factory reset. Ternyata, abis direset, ponselnya nyala normal tetapi terkunci FRP. Cynthia ini emang tipe cewek pelupa. Bikin akun gmail ga dicatat lagi. Lagi-lagi asemmm tenan..
FRP menjadi topik seru sejak tahun 2016. Ada beberapa cara untuk bypass FRP yaitu metode OTG dan metode Sidesync. Tiap ponsel berbeda-beda caranya. Di Youtube banyak sekali video tutorial, tetapi tidak semua berhasil diterapkan, mengingat ada patch dari update Android yang mencegah metode bypass FRP.

Untuk security 2015, metode OTG masih bisa digunakan. Baca selengkapnya disini
Untuk security 2016 semester pertama, metode OTG sudah tidak bisa digunakan. Diganti dengan metode sidesync, baca tutorialnya disini.


Walaupun konsepnya sama, caranya berbeda untuk tiap ponsel. Kali ini kita bahas FRP Smartfren Andromax R2 I56D2G. Untuk Andromax, metode OTG dan Sidesync tidak akan digunakan. Cukup bermodalkan jaringan internet/Wifi dan pengetahuan, bisa bypass FRP Andromax R2.

Triknya adalah memanfaatkan celah keamanan di OS Android Andromax. Langkah-langkahnya seperti berikut:

HP dalam posisi terkunci FRP, klik di kota minta email hingga muncul keyboard Android.
  1. Tekan dan tahan tombol yang seperti gambar bola dunia (lihat videonya dibawah)
  2. Pilih Google Keyboard. 
  3. Tekan dan tahan tombol @ hingga muncul tanda gear (pengaturan)
  4. Pilih Google Keyboard Setting
  5. Klik pada menu di pojok kanan atas, pilih Help and Feedback
  6. PIlih sembarang opsi, lalu klik 2 kali pada sebuah kata, akan muncul opsi Search di pojok kanan atas.
  7. PIlih Google App
  8. DI bagian atas, klik dan ketik Settings, maka akan muncul Pengelola Tugas di bawah.
  9. Klik Setting, maka akan muncul menu Setting
  10. Dari menu Setting, pilih Backup and Reset, aktifkan terlebih dahulu Backup my data. Lalu non-aktifkan Automatic Restore dan Backup my data.
  11. Lalu klik Factory Data Reset
  12. Tunggu hingga proses selesai. Silakan setting seperti hp baru.
Bingung membaca langkah-langkahnya?? Lihat video berikut ini.










Silahkan Berkomentar Jika Link Rusak atau Mengatasi Kesulitan, Karena Blog ini Selalu Aktif!