Cara Reset FRP Samsung Galaxy G531H - Willy Bootloop

Cara Reset FRP Samsung Galaxy G531H

Factory Reset Protection (FRP) adalah fitur baru untuk melindungi perangkat Samsung yang menggunakan OS Android 5.1 atau lebih tinggi. Fitur keamanan ini memungkinkan menyiapkan perangkat untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses atau menggunakannya.

Sejak Android versi 5 yaitu Marshmallow, Google sebagai pengembang OS Android memperkenalkan fitur FRP (Factory Reset Protection), tujuannya sih bagus yaitu untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses atau menggunakan perangkat tersebut. Mirip seperti fitur Icloud pada Iphone, fitur FRP ini akan meningkatkan security pada OS Android.

Walaupun tujuannya bagus, namun kenyataannya sebagian user juga kewalahan dengan fitur ini. Maklum, tidak semua pengguna smartphone itu smart. Hehe...jangan tersinggung ya. Contoh kasusnya begini:

  • Kasus pertama, Andi menjual ponsel ke Budi, yah jual gitu aja. Tanpa dikasih tahu akun gmailnya, kalau kunci layarnya sih tahu, cuma si Budi lupa kunci layarnya. Mau tanyain lagi, eh Si Andi udah ga bisa dihubungi. Cilaka dua belas...mau ga mau, si Budi melakukan factory reset donk. Alhasil, ponsel terkunci FRP. Asemm tenan..
  • Kasus kedua, ponsel Cynthia tiba-tiba hang logo. Yah namanya hang logo, mau diapain lagi kan. Pertolongan pertama, yah dicoba factory reset. Ternyata, abis direset, ponselnya nyala normal tetapi terkunci FRP. Cynthia ini emang tipe cewek pelupa. Bikin akun gmail ga dicatat lagi. Lagi-lagi asemmm tenan..


Ada beberapa cara untuk remove FRP (Factory Reset Protection) pada HP samsung. 

  • Cara pertama adalah menggunakan file APK melalui fitur OTG. Pakai card reader bisa, flashdisk juga bisa atau flashdisk OTG. Yang penting terbaca di HP.
  • Cara kedua adalah menggunakan program sidesync. Program ini khusus untuk HP samsung.
Kedua cara diatas sudah dipatch oleh Samsung sehingga HP keluaran tahun 2016 atau sudah update, tidak bisa menggunakan kedua cara diatas. OTG tidak terbaca ketika dalam kondisi lock FRP. Sidesync juga tidak bisa membantu.

Kali ini pembahasan adalah samsung G531H, kalau yang G530H biasanya pakai OTG aja udah cukup untuk remove FRP. Jika anda menemukan hp samsung G531H yang masih bisa remove menggunakan OTG atau sidesync, berarti itu hp keluaran 2015 dan belum update.

Nah ini catatan pengalaman saya membuka lock FRP samsung G531H yang update 2016. Sebelumnya, saya sudah coba OTG dan sidesync, tapi tidak bisa.
Coba fitur Reset FRP dari Miracle Eagle Eye, done tapi tetap lock FRP.
Coba lagi fitur Reset FRP dari box Z3X, muncul error.... Gagal juga..

Solusinya. download file ini, RESET FRP G531H

Flash menggunakan ODIN, masukkan pada kolom PDA. Jika gagal, coba flash pakai Z3X lalu lanjutkan dengan Reset FRP menggunakan Miracle atau Z3X

Sekian pembahasan cara bypass FRP Samsung Galaxy Prime G531H, semoga bermanfaat. Kunjungi terus blog kami untuk mendapatkan info HP lainnya.

Silahkan Berkomentar Jika Link Rusak atau Mengatasi Kesulitan, Karena Blog ini Selalu Aktif!