Cara Backup dan Restore IMEI Android Tanpa PC - Willy Bootloop

Cara Backup dan Restore IMEI Android Tanpa PC

Cara backup dan restore IMEI Android tanpa PC - Semua perangkat smartphone pasti memiliki nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI). Nomor imei menjadi sebuah identitas bagi setiap perangkat komukasi. Kode idenditas ini bisanya berupa angka dan berjumlah 15 sampai 17 digit. Begitu pula pada semartphone Android, kode ini merupakan kode yang sangat penting dan harus ada. Karena tanpa kode imei smartphone Anda tidak akan bsisa mendapatkan jaringan sinyal telepon maupun internet. Biasanya imei akan hilang ketika anda melakukan installasi custom ROM. Hal ini disebabkan oleh perbedaan antara system ROM dengan frimeware bawaan perangkat. Maka smartphone anda akan mengalami kegagalan deteksi nomor imei.

Banyak sekali pengguna Android yang bingung ketika kehilangan  nomor imei ini. Maka dari itu, pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah tips untuk backup imei tanpa PC. Karena jika anda kehilangan nomor imei pada smartphone anda, anda tidak repot-repot mencari cara untuk mengembalikan imei yang hilang. Anda cukup me-restore nomor imei yang telah di backup pada memory smartphone anda.

Backup and restore IMEI Android

Untuk melakukan backup imei langsung dari smartphone, tentunya anda akan membutuhkan aplikasi yang harus di install pada smartphone anda. Aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membackup imei adalah Mobileuncle MTK Tools.  Aplikasi gratis yang satu ini bisa di gunakan dan dijalankan pada semua perangkat yang menggunakan prosessor jenis MTK. Namun agar aplikasi ini dapat berjalan secara optimal, Android anda harus sudah dalam keadaan rooted.

Cara Backup dan Restore IMEI Dengan Mobileuncle Tools :

1. Langkah pertama unduh terlebih dahulu aplikasi Mobileuncle MTK Tools melalui Google Play.
2. Jika sudah di install, jalankan aplikasinya.
3. Kemudian pilih menu "IMEI Backup Restore (MTK)" .

Cara backup dan restore IMEI

3. Selanjuntya anda tinggal memilih ingin di backup ke mana nomor imei anda. Backup IMEI to SDCARD(MTK) ini biasanya akan tersimpan pada memory external ponsel anda. Backup IMEI to SDCARD2(MTK) ini biasanya akan tersimpan pada memori internal smartphone anda. Lebih baik anda lakukan backup pada kedua SDCARD agar lebih aman.

Cara backup dan restore IMEI

4. Untuk melakukan restore, anda cukup install kembali aplikasi Mobileuncle MTK Tools ini, lalu masuk ke menu Backup dan Restore seperti langkah waktu membackup. Lalu pilih lokasi imei anda di backup. Pilih Restore IMEI from SDCARD(MTK) atau Restore IMEI from SDCARD2(MTK).

Cara backup dam restore IMEI

Selesai. Gimana cukup mudah dan cepat bukan? Jadi biasakan sebelum anda menginstall custom ROM sebaiknya anda lakukan backup imei terlebih dahulu.

Tips : Jika anda menggunakan Android ICS sebaiknya anda install file APK Mobileuncle MTK Tools langsung. Karena sebenarnya aplikasi Mobileuncle tidak kompatibel dengan Android ICS ke bawah.

Demikian ulasan tentang cara backup dan restore imei Android tanpa PC dengan menggunakan aplikasi Mobileuncle MTK Tools. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Silahkan Berkomentar Jika Link Rusak atau Mengatasi Kesulitan, Karena Blog ini Selalu Aktif!