Cara Install TWRP Redmi 3 Tanpa Unlock UBL - Willy Bootloop

Cara Install TWRP Redmi 3 Tanpa Unlock UBL

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi 3 Tanpa Unlock Bootloader - TWRP masih merupakan custom tool recovery paling favorit untuk para pengguna MIUI, dalam hal ini pengguna smartphone Xiaomi. TWRP compatible dengan banyak perangkat dan mudah digunakan. Flash TWRP di Redmi 3 adalah salah satu cara untuk mendapatkan akses root. Namun kali ini kita akan membahas flash TWRP di Redmi 3 untuk memperbaiki sinyal 4G LTE yang hilang disebabkan oleh update ke MIUI 8. 

Ada banyak pembahasan ketika Anda mencari informasi cara install TWRP Redmi 3, namun banyak yang sulit diikuti caranya karena membutuhkan proses unlock bootloader. Nah, untuk unlock bootloader di Redmi 3 prosesnya kan ribet, harus apply dan minta kode ke situs Xiaomi, bahkan menunggu hingga 14 hari. Ampun guruuuu...



Bagaimana kalau saya share cara mudah install TWRP Redmi 3 tanpa unlock bootloader, prosesnya cuma beberapa menit saja? Menarik kan..ini adalah catatan pengalaman saya sendiri dalam mencari-cari cara termudah install TWRP di Redmi 3. Sebelumnya, perlu saya ingatkan bahwa proses flash TWRP dapat menyebabkan kerusakan seperti hang logo dan bootloop. Silakan backup data Anda terlebih dahulu sebelum flash TWRP. Segala kerusakan yang mungkin timbul ditanggung Anda sendiri. DO With Your Own Risk.

Perhatian:
- Sebelum melakukan instalasi TWRP sebaik nya backup dahulu data anda
- Pastikan Xiaomi milik anda adalah Xiaomi Redmi 3 dengan codename IDO


Alat dan bahan yang perlu disiapkan:


Komputer/PC (OS Windows 64 bit lebih disarankan)
Kabel Data/kabel USB
MiFlash Tool, DOWNLOAD
Driver Qualcomm QS-USB QDloader 9008, DOWNLOAD
TWRP Redmi 3, DOWNLOAD

Persiapan berikutnya:

  • Install MiFlash Tool yang telah Anda download tadi.
  • Install Driver Qualcomm QS-USB QDloader 9008
  • Ekstrak file TWRP Redmi 3, disarankan ekstrak ke drive C:/
  • Aktifkan opse pengembang dengan cara masuk Setelan >> Tentang telepon >> klik 8x di versi MIUI hingga muncul pesan "Sekarang Anda adalah pengembang"
  • Aktifkan opsi Buka Kunci OEM, dengan cara masuk Setelan >> Setelan tambahan >> Opsi pengembang, lalu aktifkan opsi ini. Poin ini PENTING SEKALI...Jika opsi Buka Kunci OEM ini tidak diaktifkan, saat install TWRP akan GAGAL. Pastikan Anda yakin 100% sudah mengaktifkan opsi ini.


Setelah semuanya siap, yuk kita lanjutkan ke proses flash TWRP, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Matikan ponsel Redmi 3, tekan tombol Power lalu pilih Daya Mati
  2. Masuk ke Download Mode dengan tekan kombinasi tombol Volume atas + Power. Lepaskan tombol Power hingga HP bergetar dan tampil MI di layar, namun tetap tekan tombol volume atas.
  3. Muncul opsi Fastboot, Download, Recovery. Pilih Download, maka HP akan langsung masuk ke mode Download
  4. Sambungkan ke komputer, check di Device Manager apakah sudah terbaca sebagai Device Qualcomm QS-USB QDloader 9008 di bagian COM Port. Jika belum, mungkin driver belum terinstall dengan baik.
  5. Buka MiFlash tool, klik Browse lalu arahkan ke folder image TWRP di drive C.
  6. Klik pilihan di samping Browse, pilih Advance lalu atur Fastboot Script, Flash Programmer, Raw XML File dan Patch XML File (untuk lebih jelas lihat video tutorial di bawah)
  7. Klik Refresh hingga muncul port COM.
  8. Klik Flash dan tunggu hingga selesai.
  9. Lepaskan dari kabel data, lalu tekan dan tahan volume atas + power seperti langkah ke-5. Pilih Recovery. Jika muncul menu recovery TWRP, berarti proses flashing BERHASIL. Jika muncul recovery bawaan Xiaomi, berarti gagal dan harus diulang lagi. Pernah saya flash 3 kali baru berhasil. Entah apa yang membuatnya gagal..

Cara ini sudah terbukti berhasil berkali-kali, ini adalah cara termudah dan tercepat. Semoga pembahasan dari saya mudah dimengerti dan mudah diikuti caranya. Setelah selesai install TWRP, Anda bisa melakukan root, bisa install custom rom, bisa fix sinyal 4G yang hilang, dan lain-lain.



Terus kunjungi blog ini untuk terus mendapatkan info dan tutorial seputar dunia gadget. Teriama kasih.

Silahkan Berkomentar Jika Link Rusak atau Mengatasi Kesulitan, Karena Blog ini Selalu Aktif!